HARI YANG TAK PERNAH KU TAHU (160791)

Posted: September 27, 2010 in Refleksi

Ada yang berkata: “Satu hal yang pasti dalam hidup ini adalah ketidakpastian”. Ya, alur cerita hidup ini tak pernah pasti. Tak pernah bisa divonis dengan hitungan matematis atau perkiraan-perkiraan yang tak memiliki sandaran. Juga tak pernah bisa menafikan: bahwa inilah kenyataan! Senyata manusia nyata yang hidup (bukan manusia maya), senyata manusia menghirup udara, senyata manusia berkata atau bahkan senyata seorang pujangga memegang tangan kekasihnya.

Tak pelak, seorang manusia bertanya  -aku ini siapa? Mengapa aku ada? Bertanya tentang eksistensi dan epistemologi tentang dirinya. Tentang sebuah wujud utuh dari kesatuan bagian-bagian tubuh yang disebut manusia. Wujud makhluk yang memiliki kinerja akal pikiran dan perasaan.

Sekilas, tanya itu tak terjawab. Tanya itu terhenti dan menyendiri. Seakan ia sebuah peti mati yang terkunci di dalam almari. Sunyi. Sepi. Tak ada lagi malaikat yang kan peduli. Tentang nilai sebuah hari. Hari di mana seorang bayi mungil menerobos keluar dari rahim ibunya. Hari di mana catatan kehidupan berawal. Hari di mana pertaruhan hidup dan mati bersanding pada sebuah kejangan. Dan merupakan hari, di mana pekatnya malam diiringi lantunan derasnya hujan dan petir-petir langit penuh kilatan.

Sungguh, sebuah ironi pun tak mampu menjawab seuntai teka-teki, apalagi misteri. Misteri yang tak berujung dan bertepi. Misteri yang senantiasa mendiami kehidupan untuk mengaburkan masa depan. Misteri duniawi. Misteri kodrati. Misteri manusiawi. Misteri sebuah hari. Tepatnya di bulan Juli.

Dan kini, hari itu bernyanyi padaku. Menyanyikan sebuah ritme lagu melankolis yang membuat hati ini menangis. Hari yang tak setiap hari menemaniku. Hari yang melahirkanku. Hari yang terakhir datang setahun yang lalu. Yakni hari, yang takkan pernah ku tahu apakah itu.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s