Hari Ke-2 Program Kepemimpinan LPDP 6: Bedah Film ‘Merah Putih’

Posted: Oktober 14, 2013 in Indonesia, LPDP, Short Story
Tag:, , , ,

Di ruang PSJ UIHari kedua (Kamis, 3 Oktober 2013) dalam Program Kepemimpinan ini adalah materi ‘di luar’ Gumati. Kalau hari pertama kami full materi di Hall of Gumati, sekarang kami akan mendapatkan 2 materi besar: Bedah Film ‘Merah Putih’ di Gedung Pusat Studi Jepang Universitas Indonesia (PSJ UI) Depok, dan Company Visit ke Bank Tabungan Negara Jakarta. Akan tetapi, untuk materi kunjungan ke BTN akan saya posting setelah posting materi bedah film ini.

***

Kami berangkat dari Wisma Gumati di Bogor pukul 06.18 WIB dan sampai di Gedung PSJ UI sekitar pukul 07.43 WIB. Sesampainya di dalam gedung, seperti biasa ada pembawaan yel-yel kelompok dan games kecil dari panitia sebagai pemanasan.

Tak lama kemudian, masuklah kami pada materi: menyaksikan dan membedah film ‘Merah Putih’ bersama salah satu aktor pemeran di film tersebut.  Waooow… sebuah kesempatan yang bisa dinilai jarang untuk didapatkan. Dan bintang tamu tersebut adalah… Donny Alamsyah. Mantaaab…! 😀

Film pun dimulai. Kami menonton dengan khidmat dan suasana pun hening. Sedikit cerita: bahwa mengapa panitia LPDP memberikan materi film ini adalah agar para penerima beasiswa LPDP bisa lebih menumbuhkan sikap nasionalisme dalam hati mereka dengan menyaksikan sedikit gambaran yang diceritakan dalam film Merah Putih tersebut.

Menonton 'Merah Putih'

Walhasil, setelah film selesai, lampu dihidupkan kembali, dan sesi yang ditunggu-tunggu pun tiba. Mas Donny Alamsyah sudah terlihat memasuki ruangan dan duduk di depan. Kami pun senang bukan kepalang. 😀

Bedah film pun dimulai. Acara didesain sebagaimana talkshow biasanya. Mas Donny pun menceritakan beberapa kisah saat pengambilan adegan film ‘Merah Putih’ itu yang lokasinya terletak di Bogor.

Talkshow Donny Alamsyah

Ada satu kisah yang begitu terkenang di hati mas Donny saat pengambilan gambar. Yakni ketika para aktor ‘Merah Putih’ yang berakting sebagai tentara, melakukan adegan latihan berlari sembari menyanyikan lagu ‘Indonesia Tetap Merdeka’ karya C. Simanjuntak. Setelah pengambilan adegan, mas Donny melihat ada seorang bapak yang sudah baya tercenung diam melihat adegan itu di samping lokasi syuting. Kemudian mas Donny menghampiri dan memulai pembicaraan. “Bapak, maaf ya kalau kami menganggu (baca; berisik), soalnya kami lagi syuting. Bapak kenapa terlihat diam aja?”

Si bapak pun menjawab, “Bapak teringat sewaktu muda dulu, sewaktu bapak ikut berperang melawan penjajah Belanda yang datang untuk kedua kalinya, juga menganyikan lagu itu bersama teman-teman seperjuangan bapak.”

Mas Donny pun terenyuh dan tersentuh mendengar kisah bapak itu.

Lalu ia pun mengutarakan pendapatnya tentang nasionalisme, “Menurut gua, nasionalisme merupakan perwujudan dari rasa sayang (pada bangsa)” ucapnya.

IMG_2405

Setelah bercerita panjang lebar, sesi dilanjutkan dengan tanya jawab. Beberapa dari kami pun melontarkan pertanyaan-pertanyaan kepada mas Donny. Sesi ini berjalan ramai-lancar karena peserta antusias dan tidak menyianyiakan kesempatan langka ini.

Setelah sesi tanya-jawab berakhir, mas Donny pun menutup dengan satu quote yang tak lain merupakan kegelisahan terpendam dalam hatinya: “Indonesia luas, orang pinternya banyak, penduduknya banyak, tapi kenapa Indonesia hanya menjadi market (dan konsumen)?”

Terakhir, sesi foto yang ditunggu-tunggu pun akhirnya terlaksanakan dengan khidmat dan berkesan.

With Donny Alamsyah

IMG_2427

Terima kasih banyak mas Donny yang telah berkenan meluangkan waktunya untuk berbagi. Thanks and Good luck for U! (*)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s