Hari Ke-5 Program Kepemimpinan LPDP 6: Tentang Komunikasi Kepemimpinan

Posted: November 11, 2013 in Kepemimpinan, LPDP, Short Story
Tag:, , ,

IMG_3057“Pada saat kita mendapat amanah, (sadarilah bahwa) pada saat yang bersamaan kita mendapat cobaan.” Aqua Dwipayana

Seusai shalat dzuhur, kami pun harus kembali ke ruang serbaguna. Waktu telah menunjukkan pukul 13.15 WIB. Acara akan segera dimulai dan materi akan segera disampaikan.

Untuk hari ini, kami akan mendapatkan dua materi besar, yakni tentang ‘Pentingnya Komunikasi dalam Kepemimpinan’ dan ‘Pengenalan Operasi Udara’ yang masing-masing akan disampaikan oleh Bapak Mayor Letkol Aqua Dwipayana dan Bapak Letkol Johnny ‘White Lion’ Sumaryana. Keduanya merupakan ahli di bidangnya: Bapak Aqua sebagai pakar komunikasi dan juga merangkap sebagai dosen di beberapa perguruan tinggi, sedangkan Bapak Johnny merupakan bagian dari TNI AU itu sendiri. Jadi kami yakin, bahwa panitia tidak akan salah pilih untuk menentukan siapa yang akan mengisi materi.

Kami pun bersiap dengan mantap.

Materi Pertama: Pentingnya Komunikasi dalam Kepemimpinan

Materi ini disampaikan oleh Bapak Aqua Dwipayana, yang berisi tentang pentingnya komunikasi dalam satu proses kepemimpinan.

Sewaktu memberikan materi, tak jarang beliau juga berbagi tentang pengalaman-pengalaman beliau. Baik pengalaman pribadi, maupun pengalaman orang lain yang beliau dapatkan. Karena selain merangkap sebagai dosen di beberapa perguruan tinggi, beliau juga sering menjadi pembicara di berbagai even: seminar, pelatihan, workshop, dan sambutan-sambutan di berbagai acara di belahan bumi Indonesia ini.

IMG_3070

Menurut beliau, komunikasi merupakan hal terpenting jika kita menjadi seorang pemimpin. Jika komunikasi terjalin secara baik, maka proses transformasi kepemimpinan akan berjalan secara baik pula. Ambil contoh sebuah lembaga, yang dijalankan oleh beberapa orang pasti dalam perjalanannya akan menemukan beberapa kendala riil di lapangan. Ketika menghadapi hal semacam itu, untuk memecahkannya adalah dengan ‘komunikasi’ antara personil yang satu dengan yang lain. Pola komunikasi antara pemimpin dan yang dipimpin haruslah senantiasa terjaga dengan baik.

“Apapun (posisi) kita, di setiap saat, dan apapun yang akan kita lakukan, maka awalilah dengan niat yang baik” ujar beliau. Karena niat yang baik adalah awal nilai positif dari segala apa yang akan kita lakukan. Caranya bagaimana? Menurut beliau ada tiga langkah: pertama, upayakan hati selalu bersih. Kedua, komunikasi selalu terjalin baik. Ketiga, selalu berpikir positif.

Selain itu, beliau juga menambahkan dua hal penting yang harus kita jaga: yakni, 1) senantiasa mensyukuri apa yang telah kita peroleh, dan 2) selalu bersifat ikhlas. Tentang syukur, menurut beliau sangat penting sekali. Karena ‘syukur’ merupakan bentuk terimakasih kita kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala yang dianugerahkan kepada kita. Dengan bersyukur, kita akan menyadari bahwa kita sudah mendapatkan banyak hal yang bahkan melebihi dari apa yang didapatkan orang lain.

Bapak Aqua

Ketika kita telah mencapai suatu keberhasilan, dalam pandangan Bapak Aqua, beliau lebih suka term ‘syukur’ daripada ‘bangga’. Sebab, kata ‘syukur’, di dalamnya  mengandung kerendah hatian, sedangkan ‘bangga’ di dalamnya tersirat sedikit kesombongan atau takabbur.

“Setiap harinya, 80% aktifitas kita adalah komunikasi.” Betul yang dikatakan beliau. Komunikasi sudah menjadi bagian dari hidup kita. Komunikasi kini sudah tak berbatas lagi. Teknologi telah membuat dunia ini semakin mencair dalam komunikasi.

Ada lima aspek yang harus diperhatikan dalam berkomunikasi, yang terkumpul dalam R.E.A.C.H.

R: Respect. Menghormati orang yang menjadi partner komunikasi kita adalah hal pertama yang harus kita miliki.

E: Empati. Merasakan apa yang dirasakan orang lain merupakan hal penting dalam menjalin komunikasi yang baik.

A: Audible. Jadikan komunikasi kita, komunikasi yang dapat diterima dan didengar oleh orang lain. Jangan gunakan bahasa yang tidak dipahami oleh orang yang kita ajak bicara.

C: Charity. Murah hati adalah elemen penting guna menjadikan kita senantiasa menolong dan membantu via komunikasi.

H: Humble. Menjadi seorang yang rendah hati adalah pencapaian mulia terutama di dalam proses berkomunikasi.

Bapak Aqua melanjutkan, “Orang-orang yang saya temui, selalu saya anggap sebagai guru saya.” Artinya, setiap masukan, kritikan, nasehat, solusi, atau apapun itu, dan dari siapapun itu, harus selalu kita tampung dan kita cerna dengan baik sebagai elemen untuk menjadi manusia yang lebih baik. Menurut beliau, di dalam bergaul dengan orang lain usahakan hindari konflik dan hindari pula sikap meremehkan orang lain.

Di dalam menjalankan roda kelembagaan, kerja tim sangatlah diperlukan. “Tidak ada superstar” ujar Pak Aqua, “yang ada adalah superteam.” Tim yang baik adalah yang terdiri dari manusia unggul. Gunakanlah ‘hukum’ secara tepat: hukum kalkulator, setiap tindakan harus diperhitungkan; hukum cermin, diperlukan keteladanan dan perbaiki dulu diri sendiri; hukum solusi, pecahkan masalah dan jangan menyalahkan orang lain.

IMG_3074

Menjadi pemimpin juga harus memiliki 3 K, kata beliau: 1) Kredibel, bisa dipercaya di dalam mengemban amanat dan menjalankan misi 2) Komitmen, memiliki tekad dan perjuangan yang kuat untuk mewujudkan apa yang kita yakini 3) Konsisten, istiqomah atau konsisten merupakan hal berat jika tidak didasari dengan prinsip yang kuat.

Selain itu, prinsip 4 As juga bisa dijadikan pegangan di dalam bekerja, yakni: kerja ikhlAs, kerja cerdAs, kerja kerAs, dan kerja tuntAs. Jika semua bisa dijalani dengan baik, maka (insya Allah) pekerjaan dan pola komunikasi dengan orang lain akan berjalan secara baik pula.

Untuk itu, mari menjadi pemimpin yang bisa diteladani oleh banyak orang dengan memperlancar sisi komunikasi.(*)

“Memimpin yang paling berat adalah memimpin diri sendiri.” Aqua Dwipayana

Iklan
Komentar
  1. link berkata:

    hehehhe…seneng banget,di posting bbrp halaman…semangat,salam

  2. tajuddin berkata:

    semangat mas!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s