Hari Ke-6 Program Kepemimpinan LPDP 6: Berkeliling di ‘Angkasa’ Skadron TNI AU

Posted: November 27, 2013 in Kepemimpinan, LPDP, Short Story, Teknologi
Tag:, , ,

IMG_3416Materi untuk hari ini pun selesai, setelah ini kami akan menikmati ‘jalan-jalan’ ke beberapa tempat di Lanud Halim Perdana Kusuma ini yang tentunya belum pernah kami jamah. Kami akan diajak melihat-lihat dan mempelajari peta kekuatan yang dimiliki oleh Angkatan Udara negeri kita tercinta. Yang tentu saja semakin hari semakin mengalami kemajuan di berbagai bidang, salah satunya dalam hal alutsista.

Tapi sebelum itu, alangkah baiknya jika kita segera menyantap snack yang sudah disediakan oleh panitia. Keburu dingin :D. Eeeiiits… gak boleh rebutan ya, antri…

Snack

Alhamdulillah, snack ini bisa berfungsi sebagai pengganjal perut. Bagi yang suka nyemil, snack merupakan idaman yang didamba-dambakan. Haha…

Kini saatnya berlatih lagi, suara kami harus ‘disamakan’. Karena dalam beberapa latihan terakhir, tingkat keindahan dan intonasi, serta pitch control (ce elaaah… bahasanya… sok tau begete :D) masih dirasa kurang oleh dewan juri, hehe… #justkidding.

Sebenarnya, kami cuma sekedar melancarkan mars dan yel-yel yang telah kami buat bersama agar nanti ketika kami tampil di acara penutupan dan penandatanganan kontrak di hadapan dirut LPDP, kami tidak tampil mengecewakan. Oleh karenanya, bang Eben dan mbak Olga selaku dirigen dan pemandu suara, memandu kami untuk berlatih. So lali lali… o la o lala… 😀

IMG_3369

Lelah bernyanyi, kami pun bisa beristirahat sejenak, shalat, dan makan siang.

***

Awal Berkeliling ‘Angkasa’ dan Pengenalan Alutsista

Kiranya sudah banyak materi yang telah kami dapat, kini saatnya untuk menimba ‘materi’ dengan cara melihat, mengamati, dan mencermati dari kekuatan alutsista TNI AU yang kita miliki.

Agenda ini akan dipandu oleh Bapak-bapak TNI. Selain mengarahkan, beliau-beliau juga akan menjelaskan beberapa hal terkait yang bisa kita pelajari. Paling tidak, hal-hal yang mudah dipaham dan tidak terlalu mendalam.

Kita menyadari, bahwa perlengkapan alutsista kita masih kalah jika dibandingkan dengan negara-negara maju. Jangankan dengan negara maju, dengan beberapa negara tetangga saja kita juga masih bisa dibilang sedikit tertinggal. Akan tetapi, perlengkapan pertahanan udara kita juga terus berbenah dan mengembangkan diri.

TNI AU beberapa waktu lalu mendatangkan (baca: membeli) pesawat dari Rusia, Spanyol, dan ada beberapa hibah pesawat tempur dari Amerika. Beberapa jenis pesawat yang saya ingat tipenya adalah: Boeing, Airbus, Fokker, F-16, Sukhoi, dan masih banyak lagi. Untuk lebih lengkapnya mungkin para pembaca bisa melihat-lihat di situs TNI AU-nya langsung.

Paling tidak, ini membuktikan bahwa angkatan udara kita senantiasa berbenah guna meningkatkan kemajuan dan kelayakan alutsista yang sudah dan belum ada.

Menuju Museum TNI AU dan Skadron 17

Lokasi pertama dari agenda ‘jalan-jalan’ ini adalah musem TNI AU. Letaknya tidak jauh dari ruang Serba Guna tempat kami menerima materi. Perjalanan menuju ke lokasi harus seperti biasanya: berbaris rapi.

Sesampainya di museum, kami bisa melihat-lihat sejarah, galeri foto, dan miniatur pesawat-pesawat yang ada di TNI AU ini. Walau tidak semua pesawat ada miniaturnya. Dari sini, kami bisa banyak belajar tentang TNI AU dan perkembangannya mulai dahulu hingga sekarang.

Museum

Museum AURI

IMG_1940

Selepas dari museum, kami langsung meluncur ke Skadron 17. Sebenarnya saya bingung dengan istilah Skadron, karena ternyata setelah saya cek di Kamus Besar Bahasa Indonesia, yang baku adalah ‘Eskadron’ atau ‘Skuadron’ yang berarti sejumlah pesawat udara militer dan awak pesawatnya yg membentuk suatu kesatuan; eskadron.

Dan dalam perjalanannya, kami disuruh berjalan sambil bernyanyi mars angkatan dan yel-yel. Karena (dirasa) tidak kompak menyanyinya, maka kami terkena hukuman ‘jalan jongkok’. Waaah… ampun booos… 😀

Jalan Jongkok

Sampailah kami di Skadron 17 guna melihat seisi hanggar pesawat. Sebelum memasukinya, kami diberi pengarahan terlebih dahulu terkait apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika melihat-lihat sekeliling dan seisi pesawat.

IMG_3425

Kami pun memasuki hanggar, Waooow… it’s amazing! Kami begitu terpesona, karena ini pertama kali bagi kami: melihat pesawat-pesawat angkatan udara secara langsung. Di dalamnya terdapat 2 pesawat Airbus guna mengangkut rombongan Presiden ataupun rombongan kenegaraan, baik untuk penerbangan domestik maupun internasional.

Mari berpose dulu. 1… 2… 3!

Pose

Airbus

Di hanggar Skadron ini, selain bisa melihat-lihat, kami juga bisa menanyakan hal-hal terkait pesawat yang ada, mulai dari teknologi, sistem, dan bahkan sampai hal-hal teknis. Karena Bapak-bapak TNI sudah siap siaga sedari tadi untuk mendampingi kami.

***

Kiranya sampai sini dulu posting tentang awal ‘jalan-jalan’ kami. Untuk selanjutnya, kunjungan kami di Skadron 2 dan Skadron 45 akan menyusul. Saya khawatir postingannya terlalu berat karena terlalu banyak fotonya.

Kurang lebih demikian dulu, agar para pembaca tidak menunggu. Terimakasih semuanya. 😉 (*)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s