Hari Ke-6 Program Kepemimpinan LPDP 6: Terbang ke Skadron 2 & Skadron 45

Posted: Desember 3, 2013 in Kepemimpinan, LPDP, Short Story, Teknologi
Tag:, , , ,

DSC_1433Meluncur ke Skadron 2

Puas berfoto-foto di Skadron 17 dengan pesawat Airbus dan Boeingnya, kami langsung menuju hanggar pesawat berikutnya secara berurutan, yakni Skadron 2 dan Skadron 45.

Di Skadron 2, kami akan melihat pesawat Boeing CN-295 yang merupakan salah satu pesawat dari angkatan udara kita yang memiliki fungsi sebagai pengangkut pasukan dan warga sipil. Selain itu, pesawat ini juga bisa berguna sebagai pengangkut barang-barang logistik ke tempat tujuan, semisal untuk logistik pasukan ataupun logistik terhadap lokasi bencana alam.

Akan tetapi, sebelum berangkat ke Skadron 2, jalan jongkok dulu ya… 😀

DSC_1429

Tibalah kami di urutan Skadron berikutnya. Ya, di Skadron 2 tentunya. Eits... jangan terburu masuk dulu ya, coz seperti biasa, kita diberi pengarahan dulu tentang Skadron ini. Mulai dari isi, sisi perbedaan dengan Skadron lain, dan juga peran serta fungsinya.

Pengarahan

 

IMG_3456

IMG_3453

“Ada yang tidak kompak menjawab, push up semuanya!” ujar salah seorang instruktur TNI, mau tidak mau, kami (dikerjai) untuk push up lagi. Hahaha… just enjoy it 😉

Push Up

Selepas ber-push up ria, kami langsung dipersilahkan untuk melihat-lihat dan mempelajari segala sesuatu yang ada di Skadron ini, termasuk dokumentasi pribadi. Mantap!

Skadron

Dan lebih senangnya lagi, kami juga diperkenankan untuk melihat-lihat di sekitar dan di dalam kokpit pesawat yang merupakan tempat khusus bagi sang pilot.

Pesawat

 

hujan

Juga tak lupa kami sempatkan untuk berfoto bersama dengan berlatarkan pesawat TNI AU yang gagah itu. Cheeers

IMG_3497

 ***

Skadron 45: Skadron Eksekutif RI             

Selesai berfoto, hujan deras pun mengguyur kota Jakarta, kami tidak bisa langsung menuju Skadron berikutnya, karena kami harus menunggu cuaca setidaknya sampai agak cerah. Lelah menunggu, akhirnya sang langit pun cerah juga.

Karena kondisi sekeliling basah dan untuk menghemat waktu, maka kami bertolak ke Skadron 45 menggunakan bis TNI. Skadron 45 ini merupakan Skadron terakhir yang bisa kami kunjungi. Dan ini akan terasa spesial, karena di hanggar Skadron ini, bersemayam 2 helikopter eksekutif yang khusus diperuntukkan bagi RI 1 dan RI 2, alias Bapak Presiden dan wakilnya. Oh my

IMG_3514

IMG_3513

Helikopter ini memiliki nama yang gagah dan cool: Helikopter Super Puma :D.

Super Puma

Betapa senangnya kami, karena ketika pengarahan di Skadron ini, kami juga diperkenankan untuk menaiki dan memasukinya serta berfoto ria, hehehe… sungguh pengalaman yang tak akan terlupa. Sebab, kesempatan langka seperti ini akan sangat jarang kami dapati. Oleh karena itu, kami manfaatkan sebaik-baiknya dengan segala kenarsisan yang ada, heuheuheu…

Beberapa dari kami (termasuk saya) memasuki kokpit secara bergantian dan take picture di sana.

I am Super Puma

Alangkah senangnya, karena ini merupakan armada khusus TNI bagi Kepala Negara yang kita cintai ini. Padahal, tidak semua anggota TNI AU diperkenankan memasuki helikopter itu. Sedangkan kami, dengan leluasa naik-turun memasukinya secara bergantian. How amazing it is!

Heli

***

Betapa kami takjub dan banyak mengambil pelajaran dari Skadron-skadron ini. Kami kini mengerti, bahwa para pejuang TNI ini senantiasa mencurahkan segenap daya dan upaya guna memberikan yang terbaik bagi bangsa ini. Dan ini menyadarkan kami, betapa nasionalisme itu merupakan harga mati. Seburuk-buruk atau sejelek apapun Bumi Pertiwi di mata bangsa lain, tapi bagi kita, NKRI adalah harga mati!

Salam Super Puma.(*)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s