Hari Ke-6 Program Kepemimpinan LPDP 6: PBB, Games, dan Api Unggun Perpisahan

Posted: Januari 2, 2014 in Kepemimpinan, LPDP
Tag:, , ,

DSC_1487Selepas berkeliling Skadron-skadron yang ada di Landasan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, kini saatnya break sejenak untuk mengunyah snack yang telah disediakan. Digiring menggunakan bis berukuran sedang, kami senang bukan kepalang. Kami pun menyadari, betapa kawasan Lanud Halim Perdanakusuma ini luas sekali. Mari sejenak beristirahat, snack telah siap untuk disantap.

Pelatihan Baris-Berbaris dan Games Competition

Menyisir sore, senja kian merona menampakkan ayunya. Saatnya kami bersiap lagi untuk agenda selanjutnya: Pelatihan Baris-Berbaris atau PBB. Di dalam agenda ini, kami yang telah terbagi menjadi  4 pleton/kelompok barisan akan diajari dan dibimbing bagaimana caranya melakukan baris-berbaris secara baik dan benar. Karena, (jujur) kami atau mungkin pembaca sekalian mendapat pelatihan tentang baris-berbaris ketika berada di sekolah dasar (SD), SMP, atau bahkan di SMA. Itu pun masih dasar sekali dan sepotong-sepotong.

Nah, oleh karenanya, di Lanud AU ini pelatihan tentang baris-berbaris menjadi agenda yang menarik bagi kami :D.

Di setiap pleton atau kelompok barisan, sudah bisa dipastikan terdapat salah satu calon penerima beasiswa yang latar belakangnya dari militer, termasuk di pleton saya yang diwakili oleh Bang Reza (Kapten di TNI AL). kami diajari bagaimana sikap tegak yang benar, hormat yang pas, posisi tubuh yang tegap, hadap kanan-kiri, balik kanan, istriahat di tempat, jalan di tempat, lencang kanan, lencang depan, maju jalan, juga kalimat-kalimat perintah atau intruksi oleh pemimpin barisan. Sebab secara bergantian, kami bergiliran menjadi pemimpin barisan untuk melatih ketegasan, tanggungjawab, dan tentunya kepemimpinan.

Baris

Baris 2

Setelah mendapat bimbingan dan arahan tentang baris-berbaris secara benar, maka kini saatnya kemampuan baris-berbaris tiap pleton dilombakan. 😀 Yang menilai nantinya adalah bapak-bapak TNI, tapi sebelumnya kami diberi pengarahan dan tata cara peraturan games dan lomba ini. Di sini, kami masing-masing pleton harus mampu menampilkan yang terbaik dari kekompakan dan kerapian barisan. Let’s roll!

IMG_3602

Lomba Baris

Games kedua adalah latihan kekompakan, apa itu? Yakni, kami disuruh memindahkan botol plastik kosong dari satu titik ke titik finish menggunakan terpal yang sangat lebar dengan menggunakan semua personil. Tidak boleh ada seorang pun yang tidak ikut memegang terpal. Semua personil dari setiap kelompok wajib membantu kelompoknya, 1 orang akan bertindak sebagai instruktur untuk memberi intruksi. Pemenangnya ditentukan di garis finish: apakah botolnya terjatuh atau tidak, jika semua pleton berhasil membawa botol tanpa terjatuh sampai garis finish, maka ditentukan melalui waktu yang tercepat.

Go…go…go!

Terpal

Api Unggun Perpisahan

Tak terasa, dua hari sudah kami berada di Lanud TNI AU Halim Perdanakusuma ini untuk mendapat penggemblengan tentang kepemimpinan dan segala yang berkaitan dengan TNI AU. Di sini kami jadi tahu segala seluk-beluk yang sebelumnya belum kami ketahui. Ada pertemuan, pasti ada perpisahan. Dan api unggun malam ini merupakan saksi bisu perpisahan kami dengan bapak-bapak TNI dan Lanud Halim Perdanakusuma ini. Sedih rasanya, di satu sisi gembira karena kami akan kembali ke Gumati. Tapi hari-hari yang menyenangkan dan berkesan di sini, tidak akan dengan begitu mudahnya terlupakan.

Api unggun, menyala!

IMG_3691

Seperti halnya sewaktu acara (api unggun) di gunung Salak. Kami, setiap kelompok (yang berjumlah 10), wajib menampilan performance dari kelompok masing-masing. Aturan masih sama, boleh menampilkan nyanyian,tarian, drama (baik musikal atau tidak) atau yang lain sesuai dengan kesepakatan kelompok. Pada acara api unggun ini, juga akan diadakan penyerahan hadiah bagi juara lomba atau games PBB dan pindah terpal tadi sore.

Bisa di bayangkan, bisa di perhatikan, dari foto-foto di bawah ini. Selamat menikmati!

Pembagian Hadiah

Performance

Performance 2

Performance 3

IMG_3732

Semua riang, semua gembira. Hanyut dalam euforia kegembiraan yang bertajuk kebersamaan.

Terakhir, kami dipersilahkan untuk menyampaikan pesan dan kesan serta masukan untuk bapak-bapak TNI selaku penyelenggara dan tuan rumah dalam masa kepelatihan 3 hari 2 malam ini, yang juga merupakan bagian dari Program Kepemimpinan LPDP batch ke-6. Kemudian, sebagai penutup, kami semua berdiri dan berpegangan tangan untuk melantunkan nyanyian ‘Kemesraan’ sebagai cerminan hari-hari di TNI yang berkesan dan tak terlupakan.

Kemesraan 1

Kemesraan 2

Dan Gumati, telah menunggu untuk kedatangan kami esok hari.(*)  

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s