16 Destinasi Wisata (Terpilih) di Jogja yang Saya Kunjungi sepanjang 2016 (Part 1)

Posted: Desember 31, 2016 in Travelling
Tag:, , , , , , , ,

Hai, pembaca blog yang budiman dan budiwati. Lama kita tidak bersua di blog yang sederhana ini. Terhitung sudah lebih dari setahun saya nggak posting di blog ini. Terakhir posting adalah bulan agustus 2015. Saking sepinya dari postingan, sampe-sampe blognya banyak sarang laba-laba TT__TT

 

But, life must go on. Cerita kehidupan harus terus berlanjut. Suka-duka harus kita jalani. Kita??? Hmmm… Elu aja kali. Hahahahahaha.

Sorry… sorry… becanda. Tadi cuma intermezzo aja, soalnya si empunya blog ini lama banget nggak ngeblog, jadi tambah nggak jelas tulisannya  😀

Well, kembali ke laptop.

Btw, denger-denger dari kasak-kusuk tetangga, kabarnya hari ini adalah hari terakhirnya tahun 2016. Kalo emang bener, saya cuma mau share beberapa tempat destinasi wisata di Jogja yang saya kunjungi sepanjang tahun 2016.

Sebenernya ada lebih dari 16 lokasi, cuma saya memilih 16 tempat ini karena berdasarkan pertimbangan dan hasil rapat dengan warga kelurahan setempat. Becanda lagi XD

Postingan ini nanti akan saya bagi menjadi 4 part. Masing-masing part akan berisi 4 lokasi berbeda yang urutannya saya runtut sesuai waktu saat saya berkunjung. Jadi, urutan tidak mencerminkan rate atau tingginya penilaian subjektif saya terhadap suatu tempat wisata. Silahkan pembaca nanti yang menilai sendiri. Saya cuma share, dan tentunya info yang saya urai tidaklah komprehensif. Pembaca yang budiman dan budiwati harus melengkapinya dan membandingkannya dengan informasi dari grup sebelah situs, website dan blog lain. Namanya manusia, tentu tidak pernah luput dari salah dan lupa. Haseeeek…

Ok, let’s begin.

1. Kebun Teh Nglinggo (Kulonprogo)

Kebun Teh Nglinggo terletak di Desa Nglinggo, Kabupaten Kulonprogo. Terletak di dataran tinggi kawasan perbukitan. Durasi perjalanan dari kota Jogja sekitar 2 jam perjalanan dan harus menggunakan kendaraan pribadi karena nggak ada rute Transjogja ke sana. Kalo GoJek? Bisa sih, tapi nggak tau bakal kena tarif berapa, itupun kalo drivernya mau 😀

Untuk lokasinya, pembaca bisa melacak di gugelmeps. Rutenya saya lupa-lupa inget, tapi banyak lupanya. Tahun ini cuma sekali ke situ dan itu merupakan kunjungan pertama kali.

Dari info yang saya kumpulkan, untuk menuju ke kebun teh ini pembaca bisa menyusuri: Dari Jogja ke ­- Jalan Godean – Jembatan Sungai Progo – Perempatan Kenteng (ambil kanan) – Perempatan Dekso (ambil kiri) – Balai Desa Purwoharjo – Balai Desa Gerbosari – Balai Desa Ngargosari – Pertigaan Plono (Pasar), ambil kanan – Kebun Teh Nglinggo.

Jika memang pembaca berniat untuk berwisata ke kebun teh ini, pastikan kendaraan yang digunakan lulus fit and proper test karena rute perjalanan yang lumayan menanjak. Oli, ban, rem, kampas kopling, lampu dan lain sebagainya harus bener-bener dicek sebelum perjalanan.

Lokasi kebun ini lumayan cukup jauh dari kota Jogja, ketika pembaca kebingungan di tengah perjalanan, disarankan untuk bertanya via GPS (Gunakan Penduduk Setempat). Untuk tarif retribusi masuknya saya lupa berapa persisnya, kalo nggak keliru cuma 5 ribu rupiah.

Berikut sedikit hasil dokumentasi narsis saya:

Di sebelah lokasi kebun teh, terdapat dua bukit/gunung yang bisa pembaca jelajahi. Salah satunya Gunung Kukusan seperti foto di bawah ini. tarifnya cukup 2 ribu rupiah per-hidung. View-nya lumayan oke punya.

img_20160103_140058

Gunung Kukusan masuk perbatasan Kab. Magelang. Tarif duaribu aja.

img_20160103_130049

Tangga ke puncak Gunung Kukusan

img_20160103_131915e

Di atas puncak Gunung Kukusan

Jpeg

Disarankan untuk menggunakan sepatu outbond atau sandal gunung. Karena track di kebun teh dan Gunung Kukusan menanjak.

Jpeg

Oke, Next…

2. Candi Boko (Sleman)

Candi Boko merupakan salah satu destinasi wisata candi yang lumayan famous di Jogja. lokasinya nggak jauh dari Candi Prambanan, malah tepat di arah selatannya. Candi ini terletak di Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan. View paling nice di Candi Boko adalah ketika sunrise dan sunset.

Rute ke Candi Boko adalah: Jl. Jogja-Solo – Pertigaan lampu merah pasar Prambanan (belok kanan) – ke arah selatan kurang lebih 3 km hingga menemui plang Candi Ratu Boko (belok kiri) – ikuti penunjuk jalan Candi Ratu Boko. Sampai titik ini lokasi sudah dekat, kalo bingung bisa gunakan GPS lagi. Tarifnya 25K untuk satu wisatawan lokal pada jam reguler (06.00-17.00). Sedangkan paket sunset (17.00-18.00) sebesar 100K. Waooow… Kalo ke sana mending satu atau dua jam sebelum paket sunset, sambil nunggu bisa hunting-hunting spot foto.

Kebetulan waktu saya ke sana, cuaca lumayan mendung. Jadi, gak bisa dapet sunset. Yaaaaah…  😦

Namun, apapun harus tetap disyukuri. Here we go

dsc_0048

Gerbang masuk Candi Ratu Boko

20160308_052841

Wefie

Lokasi Candi Ratu Boko ini sangatlah luas. Ada banyak bangunan candi yang bermacam-macam. Namun, sayangnya koleksi foto saya terbatas untuk menampilkan semuanya.

Adapun terkait sejarah dan mitos candi ini, pembaca bisa browsing sumber-sumber yang relevan.

20160308_052943

Setelah dari Candi Ratu Boko, mari kita lanjut ke…

3. Embung Nglanggeran (Gunungkidul)

Saya baru kenal istilah embung ya di Jogja ini. Dulu, waktu masih di Jawa Timur saya cuma mengenal embong (jalan raya) dan ngembung/ngambung (nyium/kiss).

Berdasarkan mbah wikipedia, yang dimaksud embung adalah cekungan yang digunakan untuk mengatur dan menampung suplai aliran air hujan serta untuk meningkatkan kualitas air di badan air yang terkait (baik sungai maupun danau). Embung digunakan untuk menjaga kualitas air tanah, mencegah banjir, estetika, hingga pengairan. Embung menampung air hujan di musim hujan dan lalu digunakan petani untuk mengairi lahan di musim kemarau.

Salah satu embung yang populer di kalangan traveller di Jogja ya Embung Nglanggeran ini. Ada lagi embung lain, yakni Embung Sriten, tapi saya belom pernah ke situ. Mungkin next time, insya Allah…

Embung Nglanggeran ini terletak di sebelah Gunung Api Purba Nglanggeran. Lokasinya berdekatan. Untuk menuju ke sini, pembaca cukup melintasi Jalan Wonosari (arah ke Gunung Kidul), sampai di kawasan bukit bintang terus aja hingga menemui perempatan pathuk. Di perempatan ini ada plang “Rute Alternatif Embung Nglanggeran” (masuk kiri), terus ikuti aja jalan jalur pedesaan, sampai nanti ketemu plang lagi “Embung Nglanggeran”. Agar lebih mantap, pantau gugelmeps dan aktifkan GPS 😀

Tarif masuk wisata ini sebesar 10 ribu rupiah.

Waktu itu saya nggak bayar, kok bisa? Iya, datengnya kepagian. Habis subuh langsung cusss dari Jogja, dan sesampainya di pintu masuk pos retribusi, penjaganya belom ada. Haha…akhirnya langsung masuk aja.

View-nya very nice.

Jpeg

Masih pagi banget. Sepi nggak ada orang

Jpegimg_20160316_011643_1img_20160405_002909

Jpeg

Udah agak siangan

Karena sudah siang, mari kita ke destinasi berikutnya…

4. Pantai Ngobaran (Gunungkidul)

Pantai Ngobaran merupakan salah satu tempat wisata alam yang terletak di gugusan laut pantai selatan tepatnya di Desa Kanigoro, kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Pantai ini bisa diakses baik melalui Jalan Wonosari. Rutenya: Jogja – Piyungan – Pathuk – Sambipitu – Gading (lapangan Terbang) ada pertigaan, ambil yang ke kanan arah Playen – Paliyan – Trowono – Kanigoro – Pantai Ngobaran.

Bisa juga diakses via Jalan Imogiri Timur (selatannya Terminal Giwangan), sampai tembus Panggang – lalu ke Trowono – Kanigoro – Pantai Ngobaran.

Waktu itu saya ke sini melalui rute Jalan Imogiri, tapi pulangnya lewat Jalan Wonosari karena sekalian mampir ke Embung Nglanggeran untuk kedua kalinya.

Tarif masuk kisaran 7-8 ribu per-badan.

Pantai Ngobaran ini ada yang menyebutnya juga dengan pantai nuansa Bali karena banyak dibangun miniatur-miniatur seperti candi dan patung-patung beraneka ragam. Untuk lebih jelasnya, bisa kita pantau di foto-foto berikut:

p_20160320_133540p_20160320_105425

DCIM100MEDIADCIM100MEDIAp_20160320_110248_bfp_20160320_115801DCIM100MEDIAimg_20160412_59957

Gimana, tertarik? Monggo dicoba, gan.

Sekian dulu untuk Part 1-nya. Masih ada 3 part lagi yang akan menyusul. Have a nice vacation! Keep happy, keep safety.

See ya in part two 😉

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s