Posts Tagged ‘Jogja’

Sebelum melanjutkan cerita tentang lokasi wisata mana saja yang saya kunjungi di sepanjang tahun 2016 ini, saya ingin sedikit menyinggung alasan kenapa saya posting tentang cerita jalan-jalan ini. Sebenarnya, pada awalnya nggak ada rencana sama sekali untuk bikin posting beginian. Nggak ada niatan dari bulan Januari sampai Desember untuk dokumentasiin foto-foto pas jalan-jalan. Nope, sama sekali nggak ada. Lha terus kok bisa?

Iya. Bisa. Ide untuk nulis postingan ini baru muncul tanggal 30 Desember kemaren.

Memang, terkadang atau bahkan seringkali ide, gagasan, ilham, intuisi atau apapun itu muncul secara tiba-tiba tanpa diduga, tanpa disangka-sangka, tanpa dinyana dan tanpa rencana. Ujug-ujug muncul begitu aja tanpa permisi. Mungkin sebagian pembaca (lebih…)

Iklan
Sumber: jogja.co

Sumber: jogja.co

“Duh, macet banget ya. Nggak kayak waktu aku pertama kali dateng ke Jogja beberapa tahun lalu, masih lengang banget” ucap seorang gadis yang kebetulan sedang saya antar pulang untuk kembali ke kosannya, sebut saja Nana (bukan nama samaran, eh).

Apa yang diucapkan oleh Nana, sebenarnya hanyalah ungkapan-ungkapan reflektif tanpa pretensi terkait keadaan sekelilingnya, di salah satu ruas jalan kota yang ‘katanya’ istimewa: Jogja. Jogja merupakan kota ke-sekian yang pernah saya tinggali (dalam jangka waktu yang agak lama), untuk saya pelajari dan saya serap nilai-nilai luhur kebudayaannya.

Sebagaimana lumrahnya anak muda yang datang ke Jogja, keperluan saya di kota ini juga tidak jauh-jauh dari aktifitas kampus, yakni kuliah. Kuliah di Jogja tentu punya warnanya tersendiri, terutama bila dibandingkan dengan (lebih…)

Buku bukan Tugu

Posted: April 9, 2015 in Buku, Pendidikan
Tag:, ,

Buku mengisi jam-jam kita yang kosong dengan percakapan yang mungkin tak akan pernah selesai, tapi membuat kita tahu: kita hanyalah penafsir tanda-tanda, di mana kebenaran menerakan jejaknya. Itu sebabnya kata pertama yang menakjubkan adalah: “BACALAH”. Goenawan Mohamad

Siapa tak mengenal Yogyakarta? Dari Sabang sampai Merauke tidak ada manusia Indonesia yang menafikan eksistensi sebuah kota istimewa yang bernama Yogya (baca; Jogja). Orang mengenal Yogya sebagai Kota Pendidikan, dan itu benar. Ada banyak kampus yang berjejalan dan berderet di Kota Gudeg ini, mulai dari yang negeri sampai swasta, dari bermutu tinggi hingga yang biasa saja. Belum lagi sebutan ‘miniaturnya Indonesia’ yang disematkan pada kota ini, Yogyakarta menjadi kota yang dianugerahi keistimewaan oleh Tuhan. (lebih…)